Vitamin D Cegah Kanker Payudara

Vitamin D Cegah Kanker Payudara

Wednesday, Oct 25, 2017 0 comment(s)

Vitamin D Cegah Kanker Payudara

Konsumsi vitamin D saat remaja bisa mengurangi risiko terserang kanker payudara. Demikian diungkap sebuah penelitian yang semakin mengukuhkan pentingnya sinar matahari pagi mencegah berbagai tipe kanker. Data dari studi yang didasarkan pada penduduk mendukung teori bahwa vitamin D mungkin mengurangi risiko serangan kanker payudara, dan menyarankan bahwa pemberian vitamin D relatif pada usia muda sangat penting.

Dr Julia A. Knight dari Mount Sinai Hospital, Toronto, melaporkan temuan timnya di Washington, Selasa 4 April 2006, pada pertemuan tahunan American Association for Cancer Research.


"Kami menemukan bukti bahwa banyak faktor berkaitan dengan pemberian vitamin D --termasuk dari sinar matahari dan sumber makanan (minyak ikan cod, susu yang diperkuat, beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna). Makanan tersebut memiliki hubungan dengan berkurangnya risiko kanker payudara. Terutama untuk pemberian vitamin selama masa remaja, dengan persentase sekitar 25 persen sampai 45 persen," kataKnight.

Untuk supplements selama ini hanya mengandung komposisi umum seperti D-2, yang dinilai kurang potensial dibanding D-3. Sementara untuk multivitamin biasanya sedikit mengandung D-2, termasuk vitamin A, yang menghalangi penyerapan Vitamin D.

Temuan tersebut didasarkan pada studi yang membandingkan 576 perempuan, dalam usia 20 sampai 59 tahun, yang didiagnosis terserang kanker payudara dan 1.135 perempuan yang sehat dengan usia yang sama.

Ada bukti mengenai pengurangan besar risiko kanker payudara, seperti orang yang bekerja di luar rumah dan jumlah kegiatan di luar rumah pada usia 10 sampai 19tahun dan 20 sampai 29 tahun.

Konsumsi minyak ikan cod selama 10 tahun atau lebih juga berhubungan dengan pengurangan risiko kanker payudara, demikian juga halnya dengan konsumsi lebih dari sembilan gelas susu per minggu dibandingkan dengan perempuan yang mengkonsumsi kurang dari lima gelas pada usia 20 sampai 29 tahun.

Knight menyimpulkan, "Bukti bertambah bahwa vitamin D mungkin mengurangi risiko kanker payudara, dan apa yang kami lihat sejalan dengan pendapat bahwa apa yang terjadi pada perkembangan kanker payudara pada masa remaja mungkin mempengaruhi risiko kanker payudara pada masa depan."

Sayang sekali kecenderungan kurangnya asupan vitamin Dini terhalangi dengan perilaku diet dikalangan remaja putri, yang bisa membuat berkembangnya risiko kanker payudara," komentar Dr. William Nelson, spesialis kanker dari Johns Hopkins School of Public Health.

 


Sumber: Milis kesehatan
Disiapkan oleh : Ary Gunawan Murtomo

 

 

 

Leave Your Comment