BAU MULUT DAN SUKA GATAL-GATAL SINYAL GEJALA KOLESTEROL TINGGI

BAU MULUT DAN SUKA GATAL-GATAL SINYAL GEJALA KOLESTEROL TINGGI

Thursday, Jul 2, 2020 0 comment(s)

www.rajaalkes.com
The learning window from Ary Gunawan

Kolesterol selama ini dianggap negatif. Banyak orang menghindari makanan berkolesterol, dapat menyebabkan penyakit jantung, katanya. Ini mungkin benar tapi bisa juga tidak. Tetapi, tahukah Anda sebenarnya apa itu kolesterol? Apakah benar seburuk yang Anda bayangkan? Cari tahu semua tentang kolesterol termasuk, gejala, penyebab, obat kolesterol tinggi, hingga obat herbal kolesterol dalam artikel ini.

​SEKILAS TENTANG KOLESTEROL

Kolesterol adalah lilin, seperti lemak, yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Zat ini mungkin sering dipandang negatif selama ini. Hampir semua orang beranggapan makanan berkolesterol tinggi harus dihindari. Namun, tahukah Anda sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh?
Ya, tubuh membutuhkan zat ini untuk membuat hormon (seperti hormon testosteron, kortisol, dan estrogen), vitamin D, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak dari makanan. Tubuh sendiri sebenarnya bisa membuat semua zat tersebut sesuai kebutuhan, tapi ini mungkin hanya dalam jumlah kecil.
Kebanyakan kolesterol yang ada dalam tubuh mungkin Anda dapatkan dari konsumsi makanan. Hati akan memproduksi lebih banyak zat ini jika Anda banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Hal ini kemudian dapat menyebabkan kolesterol dalam darah Anda menjadi tinggi.

MENGENAL PERBEDAAN LDL DAN HDL

Kolesterol bergerak melalui aliran darah dalam bentuk lipoprotein. Lipoprotein terbuat dari lemak di bagian dalamnya dan protein di bagian luarnya. Nah, terdapat dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh Anda, yaitu:

  • Low density lipoprotein (LDL) yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat.Penumpukan HDL yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan pembuluh darah arteri (yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh) tersumbat. Hal ini kemudian dapat menyebabkan penyakit jantung atau stroke.
  • High density lipoprotein (HDL) yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. HDL membawa kolesterol dari bagian tubuh lain kembali ke hati. Kemudian oleh hati, zat ini akan dipecah dan dihilangkan dari tubuh. Jumlah HDL yang lebih tinggi daripada LDL dalam tubuh merupakan hal yang baik untuk kesehatan dan dapat membantu mencegah Anda dari penyakit kronis.

KADAR KOLESTEROL NORMAL DALAM TUBUH

Penting bagi Anda untuk memeriksakan kadar kolesterol LDL dan HDL dalam tubuh. Hal ini merupakan salah satu langkah untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol dalam darah setidaknya diukur sekali setiap lima tahun pada setiap orang yang berusia di atas 20 tahun, tes ini biasa disebut dengan profil lipid.

Tes profil lipid dapat menunjukkan jumlah kolesterol total yang ada dalam tubuh, jumlah LDL, jumlah HDL, dan jumlah trigliserida. Batasan untuk setiap jenis tes ini adalah:

  • Kadar kolesterol total yang baik dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl, termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 240 mg/dl atau lebih.
  • Kadar LDL yang baik dalam darah adalah kurang dari 100 mg/dl, dan akan membahayakan kesehatan Anda bila kadarnya mencapai 160 mg/dl atau lebih.
  • Kadar HDL yang baik dalam tubuh adalah 40 mg/dl atau lebih, dan dapat dikatakan rendah bila kadarnya kurang dari 40 mg/dl.
  • Kadar trigliserida yang baik dalam darah adalah kurang dari 150 mg/dl, dan termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 200 mg/dl atau lebih.

Gopala kolesterol tinggi dapat dideteksi terlebih dahulu. Kolesterol adalah lipid yang ada di semua sel dalam tubuh kita.
Sementara kebanyakan orang hanya tahu efeknya yang berbahayanya saja, kolesterol juga penting untuk optimasi tubuh. Kolesterol diperlukan untuk produksi empedu, yang bertanggung jawab untuk mencerna lemak.

Meski kolesterol memiliki manfaat bagus, produksinya yang terlalu banyak dapat sebabkan kerusakan yang tak dapat diperbaiki.
Lebih jauh, banyak orang tidak menyadari mereka memiliki kolesterol tinggi. Akibatnya, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Untuk itu, Anda harus mengetahui 10 gejala kolesterol tinggi berikut:

  1. Pembengkakan dan mati rasa pada anggota badan Pembengkakan dan mati rasa pada anggota badan adalah salah satu gejala awal dari kolesterol tinggi. Reaksi ini terjadi karena akumulasi lipid mengganggu sirkulasi.
  2. Bau Mulut. Bau mulut adalah salah satu gejala paling umum dari kolesterol tinggi.Terlalu banyak kolesterol dapat menciptakan kesulitan serius dengan pencernaan. Akibatnya, Anda mungkin mengalami kekeringan dan bau tidak menyenangkan di mulut.
  3. Kembung dan gangguan pencernaan Selain itu, kadar kolesterol jahat (LDL) yang tidak terkontrol cenderung menjadi pemicu yang kuat bagi gangguan pencernaan dan menyebabkan kembung.
  4. Pusing dan sakit kepala Karena kolesterol menumpuk di arteri, sirkulasi semakin memburuk dan oksigenasi sel terganggu. Ini menyebabkan pusing, kehilangan keseimbangan dan sakit kepala yang kuat.
  5. Masalah penglihatan Kelebihan kolesterol mengarah pada pengembangan masalah penglihatan. jika tidak ditangani lebih awal, mereka dapat menyebabkan kerusakan permanen. Ini akan menyebabkan mata berwarna kuning menonjol, iritasi, dan kaburnya penglihatan.
  6. Sembelit Selain itu, penumpukan lipid di arteri juga memengaruhi pencernaan dan menyebabkan sembelit.
  7. Nyeri Dada Nyeri dada adalah gejala yang sangat mudah dikenali. Meskipun ada banyak penyakit yang berhubungan dengan nyeri dada, sebagian besar kasus terkait dengan kolesterol tinggi. Penumpukan lemak di arteri membatasi aliran darah, dan karenanya dapat menyebabkan hipertensi.
  8. Kelelahan dan kelemahan kronis Merasa lelah dan lemah sepanjang masa dan selalu ingin tidur pada jam yang tidak biasa.
  9. Gatal-gatal Gatal-gatal terjadi ketika tubuh mengalami kesulitan mengatur kadar kolesterol.
  10. Alergi makanan Meskipun kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak faktor. Akumulasi lemak yang berlebihan di arteri dan hati dapat menyebabkan alergi makanan.

Dengan mengetahui Gejala – gejala tersebut diatas , disarankan secara rutin mengukur kadar kolesterol, dengan dimonitornya kadar kolesterol , akan diketahui berapa tinggi kolesterol kita, sehingga kita bisa mengantisipasinya dengan tepat dan akurat

tersedia Kolesterol Monitoring Autocheck di www.rajaalkes.com, klik aja autocheck total colesterol akan sampai didepan pintu rumah anda )

Related Articles: (1)

Leave Your Comment