Hal Yang Harus Dilakukan Jika Kita Harus Tinggal Dengan Seseorang yang terpapar COVID-19

Hal Yang Harus Dilakukan Jika Kita Harus Tinggal Dengan Seseorang yang terpapar COVID-19

Tuesday, Jun 30, 2020 0 comment(s)

Hal Yang Harus Dilakukan

Jika Kita Harus Tinggal Dengan Seseorang Yang Terpapar COVID-19

Jika seseorang orang di rumah terpapar COVID-19 maka semua orang di rumah tersebut harus menganggap diri mereka sendiri memiliki infeksi asimptomatik atau orang tanpa gejala (OTG), bahkan jika mereka semua merasa sehat-sehat saja.

Secara umum tulisan diatas berarti siapa pun yang tinggal di rumah yang sama dengan orang yang terpapar COVID-19 dapat teinfeksi virus COVID-19.
Penelitian oleh para ahi penyakit menular sejauh ini menunjukkan bahwa penularan di rumah tangga adalah salah satu cara utama penyebaran virus corona. Jadi, bagaimana kita meminimalkan risiko pada saat keluar rumah bukan suatu pilihan untuk kita semua ?

Jika seseorang di rumah memiliki gejala dan terpapar COVID-19 segera hubungi batuan medis.
Tetapi apabila seseorang yang terpapar COVID-19 tersebut belum bisa dibawa ke rumah sakit atau disarankan untuk melakukan karantina mandiri dirumah untuk waktu tertentu maka berikut ini adalah kiat untuk membantu mengatasi efek coronavirus, sambil melindungi diri sendiri dan orang lain.

Anggaplah diri kita di karantina juga :
Dengan adanya orang yang terpapar COVID-19 di rumah maka semua orang yang tinggal dirumah dianggap telah melakukan kontak dengan orang tersebut dan dapat membawa virus ke tempat kerja ataupun ketempat lainnya.

Jadi kita semua yang tinggal di rumah wajib menjalankan karantina mandiri dan melakukan protokol kesehatan yang telah di buat oleh pemerintah untuk COVID-19.

 

 

Sediakan 'Kamar Isolasi' :
Sebaiknya, kamar isolasi harus memiliki pintu yang dapat ditutup dan juga jendela.  Orang yang terpapar COVID-19 harus tinggal di kamar isolasi dan tidak keluar kamar kecuali pergi ke kamar mandi (apabila kamar mandi berada diluar kamar).  Tidak ada orang lain yang harus menghabiskan waktu di kamar isolasi lebih dari yang diperlukan.  Anak-anak dan hewan peliharaan dilarang memasuki kamar isolasi tersebut.  Buka jendela di kamar isolasi jika memungkinkan agar udara dapat bersirkulasi.
Jika hanya memiliki satu kamar tidur, gunakan kamar tidur tersebut menjadi kamar isolasi untuk orang yang terpapar COVID-19, dan anggota keluarga lainnya dapat tidur di sofa atau tempat sementara lainnya seperti ruang tamu, dapur, dan sebagainya.

Pastikan mengikuti protokol kesehatan yang telah di buat oleh pemerintah apabila kita akan masuk dan keluar kamar isolasi.

Sediakan 'Kamar Mandi Isolasi' :
Jika memiliki dua kamar mandi, buatlah salah satunya menjadi kamar mandi isolasi, dan jangan biarkan orang lain menggunakannya.
Jika hanya memiliki satu kamar mandi, kamar mandi tersebut harus segera dibersihkan setiap permukaan dan peralatannya setelah digunakan oleh oleh orang yang diduga terpapar COVID-19 sebelum dapat digunakan oleh orang lain.

Bantu memonitor gejalanya :
Ukur suhu tubuh orang yang terpapar COVID-19 beberapa kali dalam sehari. Catat hasilnya pengukurannya.  Observasi dan catat apabila ada gejala baru terlihat.  Pastikan terus minum obat sesuai dengan anjuran dokter dan jangan lupa ingatkan untuk banyak minum air putih.
Ukur juga suhu tubuh orang-orang lain yang tinggal dirumah dan observasi untuk gejala-gejala COVID-19.
Segera hubungi bantuan medis apabila ada gejala baru terlihat baik untuk orang yang terpapar COVID-19 ataupun orang-orang lain yang tinggal dirumah.

Buat orang yang terpapar COVID-19 tetap aman, nyaman dan terhibur :
Batasi interaksi fisik - tetapi jangan interaksi emosional.  Ingat, kita adalah mahluk sosial.  Interaksi dan komunikasi yang baik seperti memberi semangat atau menghibur dapat membuat mereka lebih cepat pulih.  Gunakan teknologi untuk berinteraksi dan berkomunikasi seperti chat dan video call
Sediakan juga di kamar isolasi buku, majalah, dan komputer atau TV untuk mengisi waktu mereka.

Makanan dan minuman :
Gunakan nampan yang terpisah untuk membawakan makanan atau minuman saat mereka membutuhkannya.
Kita bisa meletakkan makanan dan minuman di atas nampan, dan letakkan di luar pintu kamar isolasi yang tertutup.  Mereka dapat membuka pintu, mengambil nampan, makan di kamar isolasi, dan kemudian meletakkan nampan kembali di lantai di luar pintu dan menutupnya.
Apabila kita harus meletakan makanan di dalam kamar isolasi maka pastikan mengikuti protokol kesehatan yang dibuat pemerintah apabila kita akan masuk dan keluar kamar isolasi.
Segera cuci piring dan perlatan makan mereka dengan air dan sabun.

Cucian :
Pastikan ada keranjang atau tempat penampungan di kamar isolasi untuk menaruh pakaian, handuk, atau lainnya yang akan dicuci.
Karena coronavirus tidak bertahan dengan air dan sabun maka kita dapat menggunakan mesin cuci yang sama tapi sebaiknya cucian orang yang terpapar COVID-19 di cuci terpisah dengan cucian yang lain.

Bersih - bersih :
Permukaan yang umum disentuh di rumah seperti meja, kursi, gagang pintu, permukaan meja lainnya terutama dapur, sakelar lampu, telepon, keyboard, keran, dan lainnya harus dibersihkan setiap hari.

Tidak menerima tamu :
Sebaiknya tidak menerima/menjamu tamu. Jika harus bertemu dengan seseorang secara langsung, lakukan di luar rumah (di halaman atau di teras), beri jarak setidaknya 1-2 meter ketika kita berbicara. Jika tamu membawakan sesuatu, minta untuk meletakkannya di halaman atau di teras dan kita bs mangambilnya kemudian.

 

 

Sumber : Michigan Medicine - University of Michigan
Diterjemahkan secara bebas oleh : Raja Alkes

Tags/penandaan:

Related Articles: (1)

Leave Your Comment